Pappilajarang Basa Mangkasarak untuk kelas IV SD

    Author: Gemini Publishing Genre: »
    Rating



    Kategori : Bahan Ajar
    ISBN : 978-602-18605-2-6
    Penulis : Dra. Hj. Sitti Rabiah, M.Hum
    Ukuran⁄Halaman : 14 x 20 cm² ⁄ vii+108 halaman
    Edisi⁄Cetakan : I, Perdana/1
    Tahun Terbit : 2012
    Harga : -

    Sinopsis

    Buku Pappilajarang Basa Mangkasarak untuk kelas IV SD ini merupakan hasil penelitian disertasi penulis yang mencoba mengungkap representasi bahasa Makassar yang disusun berdasarkan analisis bahan ajar pada dua sekolah di kota Makassar kemudian diperolehlah kebutuhan siswa berdasarkan analisis lebih lanjut oleh ahli pakar, baik dalam hal bidang studi maupun perancangan pembelajaran. Silabus yang digunakan dalam bahan ajar ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006.

    Sebagai hasil dari penelitian dan pengembangan, maka buku ini mempunyai ciri khas untuk mengintegrasikan empat keterampilan berbahasa, yang diformulasikan menjadi:

    Membaca berisi bacaan yang tiap pelajaran di variasi antara teks, dan dialog terkait dengan tema yang diangkat pada tiap bahasan.

    Berbicara merupakan kegiatan yang dilakukan siswa untuk mengasah rasa percaya diri melalui instruksi yang berbeda di tiap pelajaran.

    Menyimak merupakan kegiatan yang dipandu langsung oleh guru. Kegiatan ini menuntut daya kreatif guru untuk menyediakan materi berupa cerita berbahasa Makassar yang sesuai dengan tema setiap pelajaran.

    Pengenalan Struktur Bahasa Makassar dan Aksara Lontarak berisi materi yang disajikan dalam bentuk pengenalan sederhana, disertai latihan untuk mengasah kemampuan siswa.

    Mengarang merupakan kegiatan untuk mengasah keterampilan menulis siswa. Kegiatan ini terdapat pada tiap pelajaran dengan topik yang disesuaikan dengan tema.

    Evaluasi berisi kegiatan mengasyikkan untuk menguji pemahaman siswa akan materi yang telah diberikan. Kegiatan ini diberikan setiap akhir bab pelajaran.

    Profil Penulis

    Sitti Rabiah lahir di Ujung Pandang, 25 November 1963, Biah panggilan akrabnya merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara. Ia lahir dari ayah yang bernama (Alm.) Sadollah Dg. Maladja dan Ibu bernama Hj. Kamariah.

    Ia menyelesaikan pendidikan dasar di SD. Negeri Kompleks Gaddong, menengah pertama di SMP Negeri 2 Surabaya, dan menengah atas di SMA Negeri 1 Pare-Pare. Selanjutnya, di jenjang perguruan tinggi, ia menyelesaikan S1 di UNHAS Fakultas Sastra Jurusan Linguistik Terapan, S2 di Pascasarjana UNHAS Prodi Bahasa Indonesia. Saat ini sedang menempuh S3 di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta Prodi Pendidikan Bahasa.

    Di samping aktivitasnya mengajar, ia juga berkecimpung sebagai pengurus di beberapa organisasi sosial kemasyarakatan seperti: Aisyiah, FCMP-ICMI, dan Muslimat KPPSI. Tidak hanya itu, pada tanggal 22 Desember 2004, ia menginisiasi pendirian Taman Bacaan Anak “Zaid Bin Tsabit” sebagai manifestasi pengabdian riil untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

    Sebagai seorang akademisi tentunya kegiatan ilmiah tidak dilewatkannya begitu saja. Ia rutin mengikuti forum ilmiah, serta berbagai konferensi, seminar, maupun workshop di tingkat Nasional maupun Internasional.

    Pada bulan Oktober 2010-Januari 2011, ia memperoleh beasiswa DIKTI untuk mengikuti program Sandwich-LIKE di Ohio State University College of Education and Human Ecology, Amerika Serikat, masih dalam rangkaian kegiatannya tersebut, ia juga mengikuti TESOL Conference in Conjunction with the Law Resource Center “The Power of Words” pada November 2010. Tidak hanya itu, kegiatan Seminar Internasional juga menjadi rutinitasnya, seperti yang diikutinya di Universitas Muslim Indonesia sebagai pemakalah yang diadakan pada 28-29 Juni 2012.

    Buku Pappilajarang Basa Mangkasarak untuk kelas IV SD ini merupakan karya yang bermuara dari konsistensinya berkarya dalam bidang Bahasa dan Budaya, baik Indonesia, maupun Daerah, serta Pendidikan, khususnya pada Anak. Beberapa karya yang dihasilkannya antara lain: Pola Penggunaan Bahasa pada Dwi Bahasawan Indonesia-Makassar Pelajar SMP di Kotamadya Ujung Pandang (1988), Konsep Masyarakat Madani dalam Lontarak La Toa (2000), Analisis antara Judul, dan Topik serta Tema dan Kaitannya dengan Perkembangan Anak pada Kumpulan Cerita Anak pada Kumpulan Cerita Ketika Ramadhan Tiba Karya Arini Hidayati (2002), Alih Kode Bahasa Daerah Bugis-Makassar dalam Tuturan Bahasa Indonesia Civitas Akademika Fak. Sastra UMI (2003), Analisis Kesalahan Berbahasa pada Proses Pemerolehan Bahasa Anak (2004), Variasi Bahasa Indonesia dalam Retorika Penjual Obat (2005), Variasi Ujaran Anak-Anak Bilingual Indonesia-Jawa di Polewali Mandar (2006), serta Kajian Cerita Anak dalam Folklore Makassar (UNIKA Atmajaya, Mei 2007).

    Tidak hanya itu, ia juga aktif dalam publikasi ilmiah. Hal ini ditunjukkan dalam keterlibatannya menulis di beberapa jurnal, salah satunya Jurnal Edukasi ISSN: 1979-083X yang diterbitkan oleh Center for Research Empowerment in Education (CREEd) pada Februari 2008, Jurnal Prospek yang diterbitkan Kopertis Wilayah IX. Pada tempatnya bernaung sebagai dosen, yakni Fakultas Sastra UMI, ia juga menjabat sebagai Wakil Pemimpin Redaksi Jurnal Tamaddun ISSN: 0216-809 dan kontributor aktif untuk jurnal tersebut.

    Karya berupa buku yang telah diterbitkannya antara lain: Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi (2004/ISBN: 979-3897-15.5) yang telah di-cetak hingga lima kali terbitan (2012) sebagai buku ajar Bahasa Indonesia di UMI. Di samping itu, ia juga menjadi penyunting (editor) pada beberapa buku, salah satunya: Vitalitas Bahasa: Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa (Mei, 2012) oleh Prof. Dr. Lukman, M.S. yang diterbitkan oleh De La Macca Press (Anggota IKAPI Sulawesi Selatan).

    One Response so far.

    1. buku itu dijual atau bisa didownload? balas ya kak...

    Leave a Reply