Antologi Ramadan 1438H/2017M

    Author: Gemini Publishing Genre: »
    Rating


    Penerbit : Gemini Publishing
    Kerjasama : PCIM Taiwan dan IMM Korkom Universitas Brawijaya
    Kategori : Motivasi, Religius
    ISBN : 978-602-18605-6-4
    Penulis : Ahmad Hanif Firdaus
    Halaman : xx+488 halaman
    Bulan, Tahun Terbit : September, 2017
    Harga : Gratis
    Unduh Buku:
    Antologi Ramadan 1438H/2017M @ Google Books

    Pengantar Penerbit

    Alhamdulillah satu karya lagi hadir dari sebuah ide sederhana yang diniatkan oleh mas Ahmad Hanif Firdaus. Kami terkesan ketika menerima permintaan untuk menerbitkan sebuah karya yang berasal dari kumpulan tulisan yang dibuat dan dibagikan via aplikasi percakapan dan siaran di WhatsApp selama Ramadan. Atas ketekunan dan semangat untuk mewujudkan “resolusi” Ramadan penulis yakni gerakan satu hari satu tulisan, maka buku Antologi Ramadan 1438 H/2017 M: Himpunan 29 Naskah Tulisan dalam 29 Hari Ramadan dapat hadir di tangan pembaca.

    Kami sangat mengapresiasi atas terbitnya buku yang diinisiasi oleh cendekiawan muslim yang berdakwah melalui tulisan-tulisan sederhana yang sarat makna dan juga merupakan salah satu pendiri Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan dan juga pernah menjadi aktivis di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Koordinator Komisariat Universitas Brawijaya. Kedua lembaga yang pernah menaungi Mas Hanif ini turut berkontribusi sehingga buku ini dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

    Terus berkarya untuk Mas Hanif, semoga keberadaan di tengah-tengah masyarakat senantiasa memberi kebermanfaatan dan menjadi oase bagi para pembaca yang haus dengan ilmu-ilmu baru. Mas Hanif telah menjalankan amanat untuk menyampaikan sesuatu walau satu ayat. Hal ini mempunyai makna mendalam untuk berbagi apa yang kita miliki dan disampaikan dengan cara-cara yang baik. Mari mulai dari diri kita dan hari ini dengan menyampaikan nasihat-nasihat baik dari buku ini kepada orang-orang di sekitar kita.

    Sinopsis

    Buku ini berisi himpunan 29 naskah tulisan yang khusus dibuat selama 29 hari selama bulan Ramadan 1438H/2017 M, yang sebagian besar merupakan hasil kontemplasi pribadi penulis dalam memaknai bulan yang begitu dinantikan setiap tahunnya oleh seluruh insan beriman. Berisi tema-tema ringan tentang ibadah dan aktivitas keseharian yang dikaitkan dengan Ramadan namun dengan menitikberatkan pada pemahaman bahwa ibadah apapun senantiasa tidak hanya berisi nilai transendental Ketuhanan namun juga sarat akan unsur kemanusiaan.

    Buku ini hendak mengajak para pembaca untuk tidak sekedar melewatkan momentum Ramadan dengan sibuk melakukan ritual-ritual peribadatan yang eksklusif dalam bentuk berlomba-lomba meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah. Namun ibadah-ibadah tersebut haruslah juga memberi kontribusi di masyarakat dalam bentuk amal yang nyata. Dalam bahasa lain, ibadah yang kental dengan nuansa teologis harus pula dibawa dan dipertautkan dengan ranah sosiologis.

    Selain itu, buku ini juga ingin mengajak setiap orang yang membacanya untuk melakukan elaborasi, refleksi dan introspeksi diri tentang banyak hal dalam kehidupan. Tentang apa itu iman, takwa dan amal saleh, yang kemudian membawanya kepada kesadaran akan pentingnya perbaikan dan berbuat kebaikan.

    Tentang Penulis

    Ahmad Hanif Firdaus bin Maksum. Lahir di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Menyelesaikan jenjang pendidikan dasar sampai menengah di kota asalnya, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 01 Kesambi (1995-2001), SMP Negeri 1 Pucuk (2001-2004), dan SMA Negeri 2 Lamongan (2004-2007). Pada tahun 2007 merantau ke Kota Malang untuk melanjutkan ke tingkat Perguruan Tinggi di Universitas Brawijaya lewat jalur PSB (Penjaringan Siswa Berprestasi) dengan mengambil Jurusan Teknik Mesin (Konsentrasi Konversi Energi) dan lulus Sarjana Teknik (S.T) pada tahun 2012, menyusul 2 tahun kemudian tamat dari Program Magister Teknik (M.T) dari kampus yang sama, keduanya diselesaikan dengan predikat cumlaude.

    Pada 2013-2014 berkesempatan “mondok” di Energy Technology Laboratory, Departement of Mechanical Engineering, National Central Universiy (NCU), Republic of China dan berhasil meraih gelar M.Sc (Master of Science), sempat selama dua bulan juga melakukan riset di Green Energy Laboratory, National Formosa University (NFU), Republic of China. Aktivitas keseharian sejak 2015 berprofesi sebagai dosen tetap di Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) dan mulai bulan April 2017 diamanahi sebagai Sekretaris Program Studi sampai dengan saat ini.

    Selain itu juga berkhidmat di Persyarikatan Muhammadiyah serta dalam beberapa kali kesempatan menjadi relawan pengajar di berbagai kota dalam program “Kelas Inspirasi”. Tak lupa juga nyambi sebagai baby sitter bagi tiga ponakan yang lucu-lucu di rumah: Muhammad Fatih Farhat Afzal (Afzal), Shahana Fahmida Layla (Shafa), dan Shahmin Maida Ardya (Aida) serta sebagai “tukang ojek” bagi ibu dan adik untuk antar-jemput ke pasar dan sekolah.

    Sejak kecil sudah aktif berorganisasi yang dimulai ketika di tingkat Madrasah bergabung di IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah-Sekarang IPM-red) dan pernah diamanahi menjadi Ketua OSIS dan Dewan Penggalang (DP) Pramuka saat bangku SMP. Ketika SMA sempat vakum beroganisasi karena suatu sebab namun dilanjutkan aktif kembali saat berkuliah di Universitas Brawijaya. Tercatat pada 2008-2010 bergabung di Rohis Fakultas Teknik, Keluarga Besar Muslim (KBM) Al Hadiid FT UB dengan amanah terakhir sebagai Sekretaris Umum dan pernah aktif pula di Departemen Keilmuan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) FT UB. Di organisasi ekstra kampus penulis tercatat sebagai Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Brawijaya, menjabat sebagai Sekretaris Bidang Dakwah pada periode 2009-2010 dan pada Musyawarah Komisariat XVI diamanahi sebagai Ketua Umum IMM Brawijaya periode 2010-2011, pernah aktif pula di organisasi kedaerahan IKAMALA (Ikatan Mahasiswa Lamongan) Universitas Brawijaya.

    Saat melanjutkan studi master di Taiwan (Republic of China), bersama dengan 12 kader lainnya membidani lahirnya Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan pada 2014 dan langsung diamanahi sebagai Koordinator Majelis Informasi, Komunikasi, dan HubunganMasyarakat masa bakti 2014-2016. Selain itu juga mendapatkan amanah sebagai Koordinator Bidang Kajian di NCU Muslim Club (komunitas muslim di NCU) dan anggota PPI NCU (Perhimpunan Pelajar Indonesia NCU). Saat ini penulis masih aktif beramanah sebagai Wakil Sekretaris Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur periode 2015-2020 dan sebagai Penasehat Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan periode 2016-2018 serta sebagai anggota Forum Keluarga Alumni (FOKAL) IMM Brawijaya dan Asosiasi Profesi Teknik Indonesia (APTI).

    Bidang keilmuan yang digeluti ialah tentang konversi energi yang lebih terfokus ke renewable atau green energy. Beberapa karya tulis yang pernah dihasilkan antara lain Pemanfaatan Serbuk Gergaji Sebagai Alternatif Pengganti Bahan Bakar Minyak (2003), Pengaruh Variasi Konsentrasi Kalium Hidroksida Pada Purifier Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas (2012), Analisa Bentuk Profil dan Dimensi Supporting Profile Terhadap Defleksi dan Tegangan Pada Base Kondensor Unit (2013), dan Fast Pyrolysis of Palm Kernel Shell Biomass in Fluidized Bed Reactor (2014). Buku yang ada di tangan pembaca saat ini adalah karya tulis pertama non-Teknik Mesin yang dibukukan oleh penulis meskipun bukan tulisan yang pertama.

    Adapun ketertarikan pada bidang keagamaan dan pemikiran Islam sudah dimulai sejak kecil karena pengaruh Ayahanda yang seorang guru agama serta mubalig di kampung dan kemudian semakin terasah ketika aktif di Rohis Kampus, IMM dan lingkungan Muhammadiyah baik ketika di Malang maupun Taiwan. Meskipun tidak pernah secara formal mendapatkan pendidikan keagamaan selain ketika masih berada di bangku Madrasah Ibtidaiyah, pengetahuan agama penulis diperoleh  secara kultural dari mengikuti berbagai kajian, diskusi, maupun membaca buku-buku keagamaan dan pemikiran Islam sampai kini. Saat ini penulis berdomisili di kampung kelahirannya di Desa Kesambi, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan. Penulis dapat dihubungi melalui twitter/IG : @hanifird atau email: adhandaus@gmail.com.

    Leave a Reply